Sinergitas PAMTER dan Aparat Jaga Pengesahan Calon Warga Baru SH Terate Cabang Administarif Cepu Pusat Madiun

Rapat koordinasi Persiapan Pengamanan Kegiatan Pengesahan Calon Warga Baru Tahun 2024 Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Administratif Cepu Pusat Madiun di Padepokan Wonorejo
Rapat koordinasi Persiapan Pengamanan Kegiatan Pengesahan Calon Warga Baru Tahun 2024 Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Administratif Cepu Pusat Madiun dihadiri Forkopimcam dan pihak Polres Blora

Ketua Persaudaraan SH Terate Cepu Pusat Madiun, Kangmas Budiono, Berkomitmen Jaga Kondusifitas Cepu

Cepu,– Kangmas Budiono, Ketua Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) Cabang Administratif Cepu Pusat Madiun, menegaskan komitmennya dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Kecamatan Cepu, terutama saat mengadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak anggota perguruan, seperti halnya pengesahan Warga Baru yang akan diselenggarakan di Hotel Arra, Minggu Malam (21/07/2024). Hal ini diungkapkan dalam rakor persiapan pengesahan di Padepokan SH Terate Cabang Administratif Cepu Pusat Madiun.

Dialog dan Kerjasama

"Kami selalu berupaya untuk menjaga hubungan baik dengan aparat keamanan dan Forkopimcam setempat. Dialog terbuka dan rapat koordinasi dengan pihak Polres maupun Kodim Blora dan pemerintah telah kami laksanakan di Padepokan SH Terate di Wonorejo Cepu untuk memastikan bahwa kegiatan yang kami lakukan tidak menimbulkan keresahan di masyarakat," ujar Kangmas Budiono.

Ia menambahkan, SH Terate Cepu Pusat Madiun telah menandatangani kesepakatan tertulis mengenai aturan-aturan yang harus dipatuhi saat mengadakan kegiatan, terutama pada malam hari. "Kami berkomitmen untuk mematuhi aturan tersebut demi kenyamanan dan keamanan bersama," tegasnya.

Detail Personel Keamanan dan Tenaga Kesehatan

Untuk meningkatkan rasa aman, Kangmas Budiono mengungkapkan bahwa SH Terate mendukung penuh langkah-langkah pengawasan yang dilakukan oleh pihak TNI POLRI. Dari rakor yang telah diselenggarakan, disepakati bahwa pihak Polres Blora akan mengerahkan 300 personel, Polres Bojonegoro akan menempatkan personelnya melalui Polsek Kasiman dan Padangan sebanyak 60 personel. Sementara pihak TNI akan menurunkan 60 personel, dan Satpol PP menugaskan 14 personel. Pihak Puskesmas Cepu akan mengerahkan 9 tenaga kesehatan. Sedangkan dari pengamanan secara internal, SH Terate Pusat Madiun sendiri akan menurunkan 40 anggota PAMTER (Pengamanan Internal Terate). Sehingga total untuk tenaga keamanan mencapai 500-an personel. 

"Kami mendukung patroli rutin yang dilakukan oleh aparat keamanan, dan kami juga telah menempatkan PAMTER di beberapa titik strategis untuk memantau dan mengantisipasi pergerakan massa bila mungkin ada," imbuhnya.

Peserta Rakor Persiapan Pengamanan Kegiatan Pengesahan Calon Warga Baru Tahun 2024 Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Administratif Cepu Pusat Madiun
Peserta Rakor Persiapan Pengamanan Kegiatan Pengesahan Calon Warga Baru Tahun 2024 Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Administratif Cepu Pusat Madiun

Pelibatan Masyarakat

"Kami sadar bahwa keterlibatan masyarakat sangat penting. Oleh karena itu, kami membentuk forum komunikasi antara warga dan perwakilan SH Terate. Forum ini bertujuan untuk saling memberikan informasi dan mencari solusi bersama jika terjadi masalah," tutur Kangmas Budiono.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas pelaporan cepat yang disediakan, sehingga setiap kejadian yang mengganggu ketertiban dapat segera ditangani.

Kegiatan Positif dan Edukasi

"Kami berusaha mengadakan kegiatan yang bersifat positif dan terbuka untuk umum, seperti latihan bersama, bakti sosial, dan acara budaya. Ini adalah bentuk kontribusi kami kepada masyarakat," kata Kangmas Budiono.

Tidak hanya itu, SH Terate Cepu Pusat Madiun juga rutin memberikan edukasi kepada anggotanya mengenai pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan. "Kami ingin semua anggota memahami bahwa mereka adalah bagian dari masyarakat yang harus ikut menjaga ketertiban," tambahnya.

Regulasi dan Penegakan Hukum

Kangmas Budiono juga menyambut baik peraturan yang mengatur tentang pengumpulan massa. "Aturan yang jelas sangat membantu kami dalam mengelola kegiatan. Kami juga mendukung penegakan hukum yang tegas bagi siapa pun yang melanggar," ujarnya.

Kangmas Budiono Ketua SH Terate Cabang Administratif Cepu Pusat Madiun
Kangmas Budiono Ketua SH Terate Cabang Administratif Cepu Pusat Madiun

Kerjasama dengan Media Sosial

"Kami bekerjasama dengan media sosial, terutama lewat WA Group untuk mengedukasi para Warga SH Terate Pusat Madiun mengenai pentingnya toleransi dan keamanan. WA Group juga membantu kami menyebarkan informasi mengenai jadwal kegiatan, sehingga warga maupun masyarakat luas dapat mendukung kegiatan positif yang kami laksanakan," jelas Kangmas Budiono.

Fasilitas Pendukung

Terakhir, Kangmas Budiono telah berupaya menyediakan lokasi khusus yang aman dan jauh dari pemukiman untuk kegiatan Pengesahan Warga Baru SH Terate Cabang Administratif Cepu Pusat Madiun. "Sengaja kami memilih Hotel Arra sebagai tempat Pengesahan Warga Baru, mengingat lokasi hotel tersebut relatif jauh dari pemukiman dan satu jalur jalan hingga memudahkan kami untuk memantau setiap pergerakan massa yang mungkin ada," tutupnya.