Bupati Blora Salurkan Beasiswa Baznas kepada Mahasiswa di Perguruan Tinggi Blora

Bupati Arief mengapresiasi Baznas atas pengelolaan dana yang baik dan mendorong untuk terus berinovasi

Blora,– Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Blora kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pendidikan dengan menyalurkan beasiswa kepada sejumlah mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Blora. Total bantuan yang diberikan mencapai Rp 290 juta, dan diserahkan langsung oleh Bupati Blora, H. Arief Rohman, di pendapa rumah dinas Bupati pada Kamis (25/7/2024).

Penyerahan Beasiswa kepada Mahasiswa

Beasiswa yang disalurkan oleh Baznas ini diberikan kepada mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi, yaitu STAI Muhammadiyah Blora, STT Ronggolawe Cepu, IAI Al Muhammadiyah Cepu, dan IAI Khozinatul Ulum Blora. Bupati Blora, H. Arief Rohman, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Baznas Kabupaten Blora atas pengelolaan dana yang berasal dari potongan gaji ASN di Kabupaten Blora.

Bupati Blora, H. Arief Rohman, menyerahkan beasiswa senilai Rp 290 juta dari Baznas Kabupaten Blora kepada mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Blora pada 25 Juli 2024

“Kami atas nama pemerintah Kabupaten Blora mengapresiasi Baznas yang telah mengelola dana Baznas dengan baik. Dana ini bersumber dari potongan gaji ASN yang ada di Kabupaten Blora,” kata Bupati Arief.

Kebijakan Pemotongan Gaji ASN

Bupati Arief juga menjelaskan bahwa sejak awal menjabat sebagai Wakil Bupati, dirinya telah mengambil kebijakan untuk memotong gaji seluruh ASN di Kabupaten Blora demi meningkatkan dana Baznas. Kebijakan ini terbukti efektif, karena manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya di bidang pendidikan, tetapi juga kesehatan dan kemanusiaan.

Pemkab Blora berkomitmen meningkatkan pendidikan untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia

“Akhirnya kita mengambil kebijakan seluruh ASN di Kabupaten Blora harus dipotong gajinya. Dan manfaatnya alhamdulillah bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Tidak hanya pendidikan tetapi kesehatan, kemanusiaan seperti bantuan korban kebakaran dan sebagainya,” paparnya.

Harapan Bupati Blora untuk Baznas

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Arief juga mendorong Baznas untuk terus berinovasi dan berkoordinasi dengan Baznas Provinsi serta pihak-pihak lainnya agar keberadaan Baznas semakin memberikan manfaat bagi masyarakat.

Beasiswa dari Baznas merupakan hasil dari kebijakan pemotongan gaji ASN di Kabupaten Blora
Ketua Baznas Blora

Bupati Blora juga memberikan pesan kepada para penerima beasiswa agar terus belajar dengan giat dan memanfaatkan beasiswa tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Hari ini saya ucapkan selamat untuk adik-adik penerima beasiswa, semoga dengan beasiswa ini bisa memberikan manfaat untuk adik-adik semua," ucapnya.

Prioritas Pendidikan di Blora

Bupati Arief menekankan pentingnya pendidikan untuk keluar dari garis kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pemkab Blora berkomitmen memberikan lebih banyak kesempatan bagi anak-anak Blora, terutama SMA/SMK, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Saat ini, masih ada 70 persen anak-anak kita yang belum menempuh pendidikan lanjut. Untuk itu, saya berharap agar paling tidak 50 persen anak-anak Blora di SLTA bisa menempuh pendidikan lanjut," tuturnya.

Selain beasiswa, Baznas juga memberikan alat potong rambut kepada 50 peserta pelatihan potong rambut

Penyerahan Bantuan Alat Potong Rambut

Selain penyerahan beasiswa, Baznas Kabupaten Blora juga menyerahkan bantuan berupa alat potong rambut kepada 50 peserta pelatihan potong rambut. Bantuan ini diharapkan dapat membantu para peserta untuk memulai usaha dan meningkatkan kesejahteraan mereka.